AGENDA
Noresult

Selengkapnya

Digital Clock

Panen Raya Kacang Kedelai di wilayah Leles

Kontribusi dari 0818/Agrabinta | 2015-06-04

Koramil 0608-18/Agrabinta. Kelompok Tani Lingkung Sari bersama anggota Kodim 0608/Cianjur mengadakan panen raya perdana Kacang Kedelai dalam rangka program Upsus Pajale GP-PPT Kedelai di lahan seluas 30 Ha yang terletak di Kp. Lingkung Sari Desa Sukasirna, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur yang terdiri dari 12 Gapoktani dan 109 Poktan dari 12 Desa dengan luas keseluruhan 632 Ha, Kamis (4/6).

Kegiatan panen raya perdana kedelai GP-PPT tersebut, dihadiri oleh Kasdim 0608/Cianjur Mayor inf Dadi Sutandi, SE, Pasi Ter Kodim 0608/Cianjur Kapten Inf Iwan Wardhana, Unsur Muspika Kec. Leles, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Jabar Bpk. H. Uja Saepudin, MM, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Cianjur Hj. Rika Ida Mustikawati SH.MM, para Danramil jajaran Kodim 0608/Cianjur Selatan beserta anggota, Tomas, Toga, Toda, para Kades, Ketua Kelompok Tani Se-Kec. Leles dan Agrabinta.

Adapun jenis kacang kedelai yang dipanen adalah jenis Anjasmoro dengan hasil panen yang didapat dari luas lahan 30 Ha sebanyak 36 Ton dari 1 ( satu ) Poktan dengan ketua Sdr. H. Bandan.    Dalam amanatnya Dandim 0608/Cianjur menyampaikan rasa bangga sekaligus memberikan penghargaan kepada seluruh komponen bangsa di wilayah Kab. Cianjur dalam hal ini dapat memberikan bimbingan serta sumbangsih demi suksesnya swasemdada pangan secara nyata guna peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, yang merupakan salah satu perwujudan kepedulian untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan petani, Permasalahan mendasar yang dihadapi sektor pertanian adalah meningkatnya kerusakan lingkungan dan perubahan iklim global, terbatasnya lahan dan air, sedikitnya luas kepemilikan lahan dan masih rawannhya ketahanan pangan, sehingga perlu peningkatan pembangunan pertanian melalui pengerahan seluruh sumber daya, koordinasi, integrasi dan sinergi lintas sektoral, tegasnya Dandim.

Dandim berpesan kepada tokoh masyarakat dan para petani bahwa kegiatan penanaman ketahanan pangan ini dapat menjadi program tahunan dalam rangka peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat petani di Kab. Cianjur. (Tuud.Ramil).